Olahraga untuk ibu menyusui

Olahraga untuk ibu menyusui

Setiap ibu yang baru melahirkan pasti sangat menginginkan untuk bisa memproduksi ASI yang lancar dan banyak. Serta menginginkan tubuhnya untuk kembali seperti sediakala. Maka dari itu, setelah 40 hari ibu – ibu menyusui mulailah untuk berolah raga agar tubuh ibu bisa semakin langsing dan bugar. Menyusui memang membuat ibu bisa lebih mudah menurunkan berat badan. Karena produksi ASI akan membakar 300 – 500 kalori per harinya.

 

Untuk menghilangkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ibu, ibu perlu melakukan olahraga secara teratur. Ibu tidak perlu khawatir, berolah raga dimasa menyusui tidak akan menurunkan kualitas ASI atau membuat bayi enggan menyusu baru selesai berolah raga.

 

jenis Olahraga untuk ibu menyusui adalah yang tergolong low impact, seperti jalan kaki, aerobik, dan berenang. Ibu bisa memulai berjalan pelan – pelan jika persalinan ibu lancar.

Jalan kaki juga masih menjadi pilihan terbaik, meski ibu melahirkan melalui operasi Caesar, ibu bisa mengatur sendiri kecepatan dan jarak ketika ibu berjalan sesuai dengan kondisi ibu. Jalan kaki juga bisa meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan resiko penggumpalan darah, jalan kaki juga dapat mengurangi pembengkakan usus. Selain itu juga jalan kaki bisa meredakan stress, karena ibu isa menghirup udara yang segar di luar rumah.

Aerobik baik dilakukan jika ibu menyukai nya. Latihan untuk menguatkan otot – otot sekitar perut juga berguna. Jika ibu melahirkan melalui operasi Caesar sebaiknya ibu konsultasi kan dulu dengan dokter, kapan ibu bisa mulai melakukannya. Cara terbaik untuk mulai berolah raga adalah dengan mengenali kondisi tubuh ibu terlebih dahulu. Berhentilah untuk berlatih ketika ibu merasakan sakit.

Berenang juga menjadi olahraga yang menyenangkan bagi ibu yang menyusui, karena gerakannya lembut dan tidak menyentak. Jika ingin berenang sebaiknya ibu lakukan lebih dari 40 hari setelah ibu melahirkan.

 

Itulah beberapa olah raga bagi ibu menyusui yang bisa ibu lakukan, agar tubuh ibu bisa lebih bugar dan langsing. Semoga bisa bermanfaat untuk para ibu menyusui.

 

 

Page 1 of 2 | Next page