Mencegah Payudara Bengkak Saat Menyusui

Mencegah Payudara Bengkak Saat MenyusuiMencegah Payudara Bengkak saat menyusui adalah suatu hal yang harus diketahui oleh para Bunda Menyusui di Indonesia. Dalam keadaan menyusui seperti biasanya payudara Bunda pasti membengkak baik yang kiri maupun yang kanan hal ini sudah lumrah karena hal ini sudah pasti terjadi, karena produksi ASI umumnya akan cenderung meningkat. Tapi permasalahannya, terkadang kepenuhan ini dapat berubah menjadi pembengkakan dan terasa sangat keras dan menyakitkan.

Pada kondisi ini, pembengkakan payudara biasanya disertai pula dengan demam ringan dan bahkan infeksi. Pembengkakan umumnya terjadi selama hari ketiga sampai kelima setelah melahirkan, tetapi bisa juga terjadi setiap saat.

Oleh karena itu, penting untuk mencoba mencegahnya sebelum hal ini benar-benar terjadi. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah pembengkakan payudara, seperti dikutip situswomenshealth.gov, salah satu bagian dari Departemen Kesehatan Amerika Serikat yang memfokuskan pada pelayanan kesehatan perempuan :

1. Sering-seringlah menyusui bayi ASI setelah proses persalinan. Biarkan bayi menyusu selama yang dia suka, sepanjang bayi Anda minum ASI dengan baik dan mengisap secara efektif. Dalam minggu-minggu pertama pasca melahirkan, Anda harus membangunkan bayi Anda untuk memberi makan setelah empat jam sejak awal pemberian makanan terakhir.

2. Bekerjasama atau meminta bantuan konsultan laktasi untuk memperbaiki cara menyusui.

3.  Menyusui lebih sering pada payudara yang terasa sakit untuk mengeluarkan ASI.  Agar payudara tetap bergerak bebas, dan mencegah jangan sampai payudara terlalu penuh.

4. Hindari  penggunaan dot yang terlalu berlebihan, dan gunakanlah botol untuk membantu proses pemberian ASI.

5. Pegang payudara dengan tangan secara lembut dan pompalah sedikit ASI untuk melunakkan bagian payudara, areola (daerah gelap di sekitar puting payudara), dan puting sebelum menyusui.

6. Pijatlah payudara secara lembut.

7. Gunakan kompres air dingin di antara waktu menyusui untuk membantu meringankan rasa sakit.

8. Jika Anda harus bekerja, cobalah untuk memompa ASI pada jadwal yang sama ketika Anda memberikan ASI di rumah, atau Anda dapat memompa setidaknya setiap empat jam.

9. Cukup istirahat, nutrisi yang tepat, dan cukupi kebutuhan cairan.

10. Kenakan pakaian yang nyaman dan gunakan bra yang tidak terlalu ketat.

 

Uraian tadi telah menjelaskan untuk Mencegah Payudara Bengkak Saat Menyusui dengan baik dan benar agar kita aman, nyaman, tentram dan sehat begitu pula dengan si Kecil kita Mencegah Payudara Bengkak Saat Menyusui .  Selamat mencoba Bunda agar bisa mencegah payudara bengkak. Berhasil untuk memberikan ASI secara Eksklusif sejak umur 0 – 6 Bulan kepada Sang Buah Hati Bunda tercinta. Happy BreastFeeding^^.

 

Silahkan Baca Juga :

Bagaimana Cara Menyusui yang Baik dan Benar

Manfaat ASI Eksklusif Untuk Bayi

Botol Asi Kaca Tutup Karet Murah

Apa Benar ASI Dalam Payudara Bisa Basi ?

Panduan Memberikan ASI Kepada Bayi Kembar

 

 

Incoming search terms:

  • payudara bengkak (53)
  • payudara bengkak saat menyusui (21)
  • payudara membengkak (14)
Tagged with: ,
Posted in Edukasi Asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Hubungi Kami

Hasil Uji Coba Tutup Karet

Promo :

Marketing Online

CS 1

CS 2

You might also likeclose

Switch to our mobile site

Toko Bunga Online Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Percetakan Jakarta Toko Bunga di Jakarta