Kandungan ASI dan Zat Gizi di dalamnya

Kandungan ASI dan Zat Gizi di dalamnyaKandungan ASI – Ketika hamil, selalu disarankan agar ibu menjaga kondisi janin dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Demikian juga setelah melahirkan, 1-2 tahun pertama adalah masa rawan, dimana daya tahan tubuh bayi dan semua fungsi tubuh yang lain masih dalam masa pertumbuhan dan penyempurnaan. Kebutuhan nutrisi bayi hingga usia 6 bulan dikatakan dapat dipenuhi hanya dengan konsumsi ASI saja, tanpa penambahan makanan dan minuman lain. Sebenarnya apa kandungan ASI sehingga memiliki khasiat yang begitu besar?

Banyak sekali zat gizi yang ada di dalam ASI, secara rinci adalah sebagai berikut :

  1. 88,1 % air. Inilah mengapa bayi tidak membutuhkan makanan dan minuman lainnya. Sesuai dengan anatomi tubuh manusia, ASI memiliki kandungan air yang sangat tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuh bayi tanpa harus ketakutan dehidrasi.
  2. ASI mengandung bahan larut yang rendah. Bahan-bahan tersebut adalah 3,8% lemak, 0,9 % protein 7% laktosa dan 0,2% bahan-bahan lainnya seperti sodium, potasium, nitrogen dan klorida. Dengan kandungan bahan larut yang sangat sedikit ini maka bayi tidak membutuhkan banyak air putih seperti anak-anak usia diatasnya.
  3. Mengandung zat kekebalan terutama immunoglobulin A (IgA) untuk melindungi bayi dari berbagai infeksi bakteri dan virus. Misalnya yang sering terjadi adalah diare.
  4. Protein dan vitamin A yang tinggi. Memenuhi semua kebutuhan bayi akan pembentukan sel-sel baru dalam tubuhnya dalam rangka menyesuaikan keadaan lingkungan setelah keluar dari rahim.
  5. ASI mengandung whey dan kasein dalam perbandingan jumlah yang ideal untuk bayi. Ini meruapkan salah satu dari sekian banyak kelebihan ASI dibandingkan dengan susu sapi (formula). Komposisi whey : kasein dalam ASI adalah 65 : 35. Hal ini membuat ASI menjadi lebih mudah diserap oleh sistem pencernaan bayi.
  6. Kandungan ASI akan asam amino essensial juga sangat tinggi. DHA dan AA sebagai asam lemak tak jenuh berantai panjang yang berfungsi untuk pembentukan sel-sel otak secara optimal memiki komposisi tertinggi. Asam amino yang kedua dalah taurin, zat ini berfungsi  sebagai neurotransmitter yang juga berperan penting dalam pematangan sel otak.

Mengingat begitu banyak keunggulan yang ada di dalam kandungan ASI, akan sangat disayangkan jika seorang ibu tidak memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

Incoming search terms:

  • komposisi asi (50)
  • bahan kandungan asi whey (1)
  • komposisi asi eksklusif (1)
Tagged with: ,
Posted in Edukasi Asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Pemberitahuan

Hubungi Kami

Hasil Uji Coba Tutup Karet

Promo :

Marketing Online

CS 1

CS 2

You might also likeclose

Switch to our mobile site

Toko Bunga Online Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Percetakan Jakarta Toko Bunga di Jakarta