Hal Penting yang Harus diperhatikan dalam Menyusui

Hal Penting yang Harus diperhatikan dalam MenyusuiMenyusui dan merawat bayi adalah keterampilan yang diperoleh secara alami, ini seperti naluri yang muncul setelah masa kehamilan selama 9 – 10 bulan.  Ikatan-ikatan batin dan juga kimia tubuh antara ibu dan anak terjalin dengan kuat dalam masa-masa tersebut.  Manfaat utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bayi Anda sumber nutrisi terbaik di awal kehidupannya. Masih ada segudang manfaat lain untuk bayi, demikian juga untuk sang ibu.

Meskipun akan membutuhkan waktu dan kesabaran dari pihak ibu,  namun sebagian besar keinginan dan kemampuan ini datang tanpa adanya lebih banyak tekanan. Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukannya, saat ini telah banyak lembaga non profit yang menyediakan jasa konsultasi untuk membantu para ibu baru agar sukses dalam melakuan kegiatan laktasi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu baru dalam menyusui  antara lain adalah :

1. Mulai melakukannya di dua hari pertama setelah melahirkan.

Sebagian besar tenaga medis akan emndorong ibu untuk sesegera mungkin menyusui bayinya. Bayi tidak akan menemui banyak kesulitan untuk menemukan puting dan mulai menghisapnya. Mungkin untuk beberapa kasus tertentu, seperti ibu mengalami kompilkasi kesehatan pasca operasi cesar, atau pada kasus bayi prematur yang harus berda dalam inkubator, pemberian ASI langsung akan ditunda.

2. Kiat sukses

Cara terbaik agarsukses dalam memberikan ASI adalah dengan melakukanny dalam kondisi setenang mungkin, baik bayi maupun ibu. Menyiapkan minuman bernutrisi dekat dengan tempat menyusui juga bisa menjaga persediaan asupan cairan ibu. Beberapa bayi mungkin akan kesulitan menghisap karena bingung puting atau puting yang terlalu kecil. Ini bisa diatasi dnegan memberikan belaian dan menenangkannya terlebih dahulu sehingga dia menikmati prosesnya.

3. Posisi bayi dan ibu

Posisi yang nyaman bukan hanya akan memperbanyak air susu, namun juga mencegah bayi tersedak.

4. Memastikan bayi Latched on

Latched on berarti bahwa puting beserta areola payudara masuk ke dalam mulut bayi.

5. Mengubah atau mengganti payudara

Ketika satu payudara telah kosong, bayi cenderung akan melepaskannya. Ini adalah tanda bahwa ibu harus segera mengganti payudara yang akan dihisap.

6. Pembengkakan.

Beberapa hari pertama produksi ASI biasnya payudara mengalami pembengkakan. Bisa diatasi dengan meningkatkan frekuensi menyusui bayi, memerahnya, dan kompres air hangat.

Incoming search terms:

  • hal penting yg harus diperhatikan oleh ibu menyusui (1)
Tagged with: ,
Posted in Edukasi Asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Hubungi Kami

Hasil Uji Coba Tutup Karet

Promo :

Marketing Online

CS 1

CS 2

You might also likeclose

Switch to our mobile site

Toko Bunga Online Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Percetakan Jakarta Toko Bunga di Jakarta