Cara Menyusui Yang Benar

Cara Menyusui Yang Benar

 

Cara menyusui yang benar, meski menyusui merupakan hal alami namun tak jarang ibu mengalami kesulitan menjalankan proses menyusui. Jangan buru – buru untuk berkecil hati, dengan melakukan beberapa langkah cara untuk menyusui yang benar. Sehingga proses menyusui akan lebih mudah bagi ibu dan bayi. ASI mengandung 400 nutrisi yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan bayi. Seiring dengan pertumbuhan bayi, kandungan nutrisi didalam ASI akan menyesuaikan dengan bayi. Manfaat ASI eksklusif selama enam bulan akan menekan resiko sakit radang pencernaan, radang paru – paru. Selain itu juga ASI eksklusif dapat meningkatkan kecerdasan sang bayi.

 

Berikut beberapa hal yang bisa ibu lakukan dalam proses menyusui agar bayi dan ibu akan lebih mudah dan nyaman dengan cara menyusui yang benar dan praktis.

Pastikan kondisi ibu dan bayi dalam keadaan yang nyaman dan rileks. Dengan posisi kepala bayi harus lebih tinggi dari pada tubuhnya, posisi ini agar bayi lebih mudah untuk menelan. Ibu bisa menyangga nya dengan tangan ibu atau dengan mengganjal nya menggunakan bantal. Setelah itu posisi kan hidung bayi agar sejajar dengan puting, hal ini akan mendorong bayi membuka mulutnya.

 

Ketika bayi mulai membuka mulutnya dan ingin menyusu, maka dekatkan bayi ke payudara ibu. Tunggu hingga mulut bayi terbuka dengan lebar dan dengan posisi lidah kearah bawah. jika belum melakukan nya, ibu bisa membantu bayi dengan menyentuh lembut bagian atas bibir bayi.

 

Posisi perlekatan terbaik bayi menyusui yaitu perlekatan asimetris. Pada saat perlekatan ini mulut bayi tidak hanya menempel pada puting payudara, namun menempel pada area bawah puting payudara dan selebar mungkin. Perlengkapan ini merupakan salah satu syarat penting dalam cara menyusui yang benar.

 

Perlekatan yang sudah baik yaitu ketika ibu tidak merasakan nyeri pada saat bayi menyusu dan bayi memperoleh ASI yang cukup.

 

Jika ibu merasa nyeri lepaskan perlekatan dengan memasukkan jari kelingking ke arah gusi. Setelah itu coba lagi untuk melakukan perlekatan yang baik. Setelah perlekatan sudah benar, biasanya bayi akan dapat menyusu dengan baik.

 

Bayi akan menyusu sekitar 5 – 40 menit, tergantung kebutuhan bayi. Biasanya dibutuhkan beberapa waktu untuk adaptasi ibu dan bayi agar proses menyusui bisa berjalan dengan lancar.

 

Semoga dengan beberapa posisi menyusui di atas dapat membantu ibu dalam proses menyusui dengan baik dan benar, sehingga ibu bisa menyusui dengan nyaman.

 

 

Tagged with: , ,
Posted in Uncategorized

Hubungi Kami

Hasil Uji Coba Tutup Karet

Promo :

Marketing Online

CS 1

CS 2

You might also likeclose

Switch to our mobile site

Toko Bunga Online Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Botol Asi Kaca Percetakan Jakarta Toko Bunga di Jakarta